HARI KEEMPAT PELAKSANAAN PAS CBT MAN IC LOTIM DIMONITORING POKJAWAS

Spread the love

Penilaian Akhir Semester (PAS) peserta didik MAN Insan Cendekia (MAN IC) Lombok Timur  dilakukan dengan  Computer Based Test (CBT) online yang berada di dalam aplikasi E-learning Madrasah. Ketua panitia Jalaluddin, menjelaskan bahwa pelaksanaan PAS semester gasal Tahun Pembelajaran  2021-2022 di MAN IC Lombok Timur dimulai sejak tanggal 29 November dan akan berakhir pada tanggal 8 Desember 2021.  Dan peserta didik mengikuti Penilaian dengan  menggunakan CBT yang tersedia di dalam  aplikasi E-learning Madrasah.

Pada hari keempat (02/12/2021) pelaksanaan PAS MAN IC Lombok Timur, masih berjalan lancar dan dapat disambangi oleh Masrun M. Pd. pengawas madrasah dalam kegiatan Monitoring pelaksanaan penilaian semester ini. “Alhamdulillah ujian berjalan lancar Pak”,  ungkap Aini  sapaan Nuraini Fikri pengawas di kelas X IPA1 saat ditanya Pak Masrun salah seorang anggota Pokjawas Kantor Kementerian Agama Lombok Timur. Sebagai pejabat pengawas madrasah di MAN IC Lombok Timur,   Nasrun menjalankan fungsinya untuk mengawasi atau memonitor setiap kegiatan yang diselenggarakan madrasah, termasuk melakukan monitoring  pada pelaksanaan penilaian semester ini.

Pelaksanaan PAS semester Gasal tahuna ini, berlangsung 4 sesi dalam sehari. Pada setiap kelas yang jumlahnya 24 orang, dalam penilaian semester gasal tahun ini  dibagi dua sesi dengan menggunakan nomor abse gamnjil genap, sehingga dalam satu kelas pada setiap sesi penilaian maksimal peserta didik 12 orang. “Strategi pembagian sesi ini dilakukan untuk mengantisifasi dan mengurangi resiko terjadinya persoalan sinyal internet di saat pelaksanaan kegiatan penilaian berlangsung”, jalas H. Jamal yang berperan sebagai proktor pada kegiatan penialain kali ini.

Anak-anak yang mengikuti kegiatan penilaian atau ujian yang sudah berlangsung pada hari keempat ini, mengaku lancer dalam mengikuti ujian. “Hanya kendala dialami pada hari pertama, saat login”, ujar Syarif  Kelas XI IPS 2.

“Kegiatan yang paling berat membutuhkan kecerdasan, kecernatan dan ketrampilan teknologi adalah saat guru menginput soal ke dalam aplikasi” jelas H. Jamal. Beliau  dengan sabar sudah dua kali mendampingi Bapak-Ibu guru menggunakan CBT lewat E-learning madrasah  dalam pelaksanaan penilaian bagi peserta didik di MAN IC Lombok Timur. Dengan sudah berjalannya dua kali para guru melaklukan penilaian dengan CBT, kepala Madrasah H. Aozar zawad menyampaikan terima kasih kapadsa Bapak-Ibu Guru karena MAN IC Lombok Timur sudah memasuki dunia Digital dalam penyelenggaraan madrasah

Leave a Comment