Spread the love

Berdasarakan Berita Acara Nomor 1459/III.3/Dinsos tentang Pengumuman Juara Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan tingkat Provinsi yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat (Prov. NTB) tanggal 25 September 2021, yang menjadi Juara 1 adalah Yolanda Aditya Astarika siswi MAN Insan cendekia Lombok Timur dan akan mewakili NTB ke tingkat Nasional. Penetapan peserta yang Juara Provinsi untuk lomba ke jenjang berikutnya mengacu pada Petunjuk Teknis Lomba pada poin VII Mekanisme Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Prov. NTB , bahwa yang terpilih menjadi Juara 1 tingkat Provinsi akan mewakili Propvinsi ke tingkat Nasional. Torehan prestasi Yolanda siswa MAN IC Lombok Timur dalam lomba Karya Ilmiah bentuk Essai saat ini membangkitkan kembali Giroh para siswa untuk terus berprestasi seperti para seniornya yang berprestasi Internasional pada satu tahun yang lalu.

Yolanda mengangkat judul Essai dalam lomba Karya Ilmiah ini adalah Revitalisasi dan Rekonsiliasi Nilai Patriotisme bagi Generasi Muda di Era Distrupsi 4.0. Dalam tulisannya, Profil Pahlawan yang disorot adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari NTB yaitu TGKH. Zainuddin Abdul Majid tokoh pendiri lembaga pendidikan dan dakwah Nahdlatul Wathon yang berpusat di Desa Pancor Kecamatan Selong Lombok Timur. Ia mencoba membongkar berbagai kiprah Tokoh tersebut dalam perjuangannya yang mengandung nilai untuk diinternalisasi di dalam jiwa generasi muda sekarang ini.

Penetapan kejuaran lomba karya Ilmiah bentuk Essai tingkat Provinsi ini, panitia dari Dinas Sosial Prov. NTB menentukan lima tahapan kegiatan, yaitu penyerahan karya, tahap penilaian, tahap pengumuman hasil seleksi 10 besar, presentasi karya ilmiah, dan tahapan pengumuman. Secara internal di MAN IC Lombok Timur, peserta yang mengikuti lomba kaya ilmiah telah ditradisikan melalui tahapan, seperti yang dilalui Yolanda, yaitu mengajukan draf kaya ilmiah, Guru pembina yang diberi Surat Tugas melakukan pendampingan untuk penyelesaian Karya Ilmiah Yolanda, dan melakukan presentasi di hadapan Wakil Kepala Madrasah beserta beberapa siswa untuk memberikan kritisi sebelum Karya Ilmiah final diserahkan kepada panitia lomba. Alhamdulillah, Yolanda dapat memperesentasikan karyanya dihadapan Wakil Kepala dan rekan-rekannya dengan baik serta durasi presentasi sesuai waktu yang di tetapkan panitia.

Yolanda anak dari pasangan H. Mustiadi dengan Hj. Nurlailawati yang berasal dari Otak Kokok Joben Kecamatan Montonggading Lombok Timur ini adalah siswa yang bermental juara. Dia telah berkali-kali menjuarai lomba penulisan cerita baik tingkat provinsi maupun tingkat Nasional. Bahkan pada dua tahun terakhir ini, dia juga yang menyusun sekenario Film dalam rangka lomba Short Movies yang diselenggarakan oleh MAN IC Serpong dan pada tahun 2020 Tim Jurnalis MAN IC Lombok Timur menorehkan prestasi sebagai Juara 1 Short Movies Nasional.

“Saya merasa bangga dengan prolehan prestasi sebagai jura 1 untuk Yolanda” ungkap Yuliana yang terus mendamping Yolanda dalam mengikuti lomba, baik dari proses penyusunan karya ilmiah sampai proses presentasi binaannya. Semua warga MAN IC Lombok Timur dan lebih khusus lagi Kepala Madrasah H. Aozar Zawad berharap dan berdoa, agar Yolanda terus diberikan kesehatan, kemampuan serta kecerdasan dalam mengembangkan karyanya serta sukses dalam presentasi sehingga bisa menjadi juara Nasional.

Leave a Comment