LATAR BELAKANG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia,Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Di samping itu, keberadaan MAN Insan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, y menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya. Pada awalnya hanya ada dua MAN Insan Cendekia di Indonesia, yaitu MAN Insan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo. Pada tahun 2012 Kementerian Agama menegerikan MA Cendekia Jambi untuk dijadikan MAN Insan Cendekia Jambi. Sejak tahun 2015 Kementerian Agama telah mendeseminasi prototipe penyelenggaraan pendidikan MAN Insan Cendekia, sehingga saat ini terdapat 23 lokasi MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.

TUJUAN

Tujuan SNPDB MANIC Tahun Pelajaran 2021/2022 ini adalah: memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri.
memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

JALUR SELEKSI

Jalur Seleksi SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2021/2022 terdiri dari;

  1. Jalur Tes yaitu seleksi melalui tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
  2. Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi peraih medali/Juara 1, 2, dan 3 di bidang sains pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tingkat Nasional, MYRES tingkat nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan resmi oleh Pemerintah (Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LIPI, dan Kementerian Ristek Dikti) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari KSN seperti IMO, IBO, IPhO, ICHO, IOI, IGO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu.

Pilihan MAN IC

Calon peserta didik baru dapat memilih maksimal dua pilihan MAN Insan Cendekia (MAN-IC) dengan peminatan IPA/IPS yang salah satu pilihannya sesuai lokasi madrasah/sekolah asal atau yang berdekatan di bawah ini:

KODE NAMA MADRASAH PROVINSI
IC.01 MAN IC Serpong Banten
IC.02 MAN IC Gorontalo Gorontalo
IC.03 MAN IC Jambi Jambi
IC.04 MAN IC Aceh Timur Aceh
IC.05 MAN IC Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
IC.06 MAN IC Siak Riau
IC.07 MAN IC Paser Kalimantan Timur
IC.08 MAN IC Kota Pekalongan Jawa Tengah
IC.09 MAN IC Bangka Tengah Kep. Bangka Belitung
IC.10 MAN IC Padang Pariaman Sumatera Barat
IC.11 MAN IC Kota Batam Kepulauan Riau
IC.12 MAN IC Bengkulu Tengah Bengkulu
IC.13 MAN IC Tanah Laut Kalimantan Selatan
IC.14 MAN IC Sambas Kalimantan Barat
IC.15 MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tengara
IC.16 MAN IC Kota Palu Sulawesi Tengah
IC.17 MAN IC Sorong Papua Barat
IC.18 MAN IC Tapanuli Selatan Sumatera Utara
IC.19 MAN IC Lombok Timur Nusa Tengara Barat
IC.20 MAN IC Halmahera Barat Maluku Utara
IC.21 MAN IC Gowa Sulawesi Selatan
IC.22 MAN IC Pasuruan Jawa Timur
IC.23 MAN IC Lampung Timur Lampung
NO KEGIATAN TANGGAL
1 Informasi dan Sosialisasi SNPDB 4 Januari s.d 10 Februari 2021
2 Pendaftaran (online) jalur tes 11 Januari s.d 11 Februari 2021
3 Pendaftaran (online) jalur prestasi 11 Januari s.d 6 Februari 2021
4 Seleksi Berkas 13 Januari s.d 12 Februari 2021
5 Pengumuman Kelulusan Jalur Prestasi 16 Februari 2021
6 Pengumuman Peserta CBT 22 Februari 2021
7 Uji Coba Computer Based Test (CBT) 24-25 Februari 2021
8 Computer Based Test (CBT) 27-28 Februari 2021
9 Pengumuman Kelulusan 16 Maret 2021
10 Daftar Ulang 22 – 31 Maret 2021
11 Awal Masuk Asrama 10 Juli 2021
  • Persyaratan bagi Madrasah/Sekolah
NO PERSYARATAN JALUR TES
JALUR PRESTASI
1 Mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional ✔ ✔
2 (NPSN) Telah terdaftar di EMIS (bagi madrasah) atau DAPODIK (bagi sekolah) secara lengkap dan benar ✔ ✔
3 Mempunyai Sertifikat Akreditasi dari BAN S/M atau Surat Izin Operasional Madrasah/Sekolah ✔ ✔
  • Persyaratan Bagi Peserta
NO PERSYARATAN JALUR TES JALUR PRESTASI
1 Tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2020/2021 ✔ ✔
2 Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 202 ✔ ✔
3 Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah/ sekolah yang ditetapkan ✔
4 Mendapatkan Surat Keterangan/ Rekomendasi dari Kepala Madrasah/Sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat Nasional (KSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) serta penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari KSN seperti IMO, IBO, IPhO, ICHO, IOI, IGO, IESO, IAO, IOAA, IEO, IEYI, dan ASPC baik mendapatkan emas, perak, perunggu. ✔
5 Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi MTs) atau DAPODIK (bagi SMP) ✔ ✔
6 Mengunggah (upload) berkas persyaratan:
a. pas foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (Max 300KB) ✔ ✔
b. fotokopi rapor yang telah dilegalisasi (semester 3, 4 dan 5) ✔ ✔
c. fotokopi Akte Kelahiran/Kenal Lahir ✔ ✔
d. fotokopi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) (bagi pendaftar yang mengajukan beasiswa pendidikan) ✔ ✔

Seluruh pendaftar SNPDB-MANIC yang mengikuti Jalur Tes dan Jalur Prestasi melakukan pendaftaran dengan mekanisme sebagai berikut:

  • pendaftaran SNPDB-MANIC dilakukan secara daring/ online dengan cara mengakses ke alamat website: https://ekemenag.go.id/snpdb2021
  • Verifikasi kelengkapan administrasi pendaftaran SNPDB-MANIC dilakukan secara daring/
  • pencetakan kartu tes wajib dicetak bagi pendaftar yang dinyatakan lengkap berkasnya.
  • pelaksanaan tes dilakukan di tempat yang ditetapkan oleh Direktorat KSKK Madrasah.
  • pengumuman kelulusan dapat diakses melalui aplikasi SNPDB MANIC dan Portal Kementerian Agama melalui https://kemenag.go.id/snpdb2021

 

  1. Pendaftar membuat akun pendaftaran SNPDB-MANIC dengan menggunakan akun email dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon pendaftar melalui aplikasi yang ditetapkan.
  2. Pendaftar melakukan input data dan mengunggah dokumen surat rekomendasi dari kepala madrasah sekolah asal.
  3. Khusus pendaftar Jalur Prestasi melakukan input data tambahan berupa sertifikat/piagam prestasi.
  4. Pendaftar memilih MAN Insan Cendekia paling banyak 2 lokasi.
  5. Pendaftar mengunggah berkas-berkas yang dipersyaratkan.
  6. Pendaftar mencetak Kartu Pendaftaran, jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar sebagai bukti telah terdaftar dalam SNPDB-MANIC.

Panitia SNPDB-MANIC Tahun Pelajaran 2021/2022 melaksanakan seleksi berkas dengan meneliti kelengkapan persyaratan dan memeriksa data online. Pendaftar yang memenuhi syarat dan berhak mengikuti tes seleksi akan ditetapkan dalam bentuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Pendaftar yang lolos seleksi berkas diumumkan di website Kementerian Agama yaitu:  www.kemenag.go.id dan https://emadrasah.kemenag.go.id/snpdb2021, dan website MAN IC setempat.

  • Materi Seleksi

Materi seleksi calon peserta didik baru MAN IC meliputi: Tes Potensi Belajar (90 Menit) dan Tes Akademik (120 Menit) untuk bidang studi; Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, dan IPA/IPS

  • Tempat Seleksi

SNPDB-MANIC dilaksanakan secara daring di tempat peserta masing masing yang memiliki jaringan internet baik serta stabil dan/atau di madrasah yang telah di tentukan.

  • Waktu Seleksi

Computer Based Test (CBT)

Pelaksanaan tes SNPDB-MANIC, Tahun Pelajaran 2021/2022 pada:

Hari, Tanggal             : Sabtu-Minggu, 27 – 28 February 2021

Waktu                          : Pukul 07.30 WIB s.d. selesai (jadwal akan diatur secara bergantian sesuai dengan pengumuman)

  1. Biaya personal pendidikan berupa makan, kebutuhan di asrama, dan pakaian seragam yang tidak dianggarkan dalam DIPA Madrasah dibebankan kepada masing-masing orang tua/wali peserta didik baru MAN Insan Cendekia dan MAKN. Biaya Personal ini merupakan sumbangan biaya dari dan untuk peserta didik yang digunakan untuk membiayai kepentingan peserta didik yang bersangkutan.
  2. Pengelolaan sumbangan biaya personal peserta didik sebagaimana dimaksud dalam poin 1 di atas dilaksanakan oleh Komite Madrasah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Besaran biaya personal tersebut berdasarkan kesepakatan rapat komite madrasah yang melibatkan orang tua/wali peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.
  3. Peserta Didik MAN IC dan MAKN yang berasal dari keluarga kurang mampu dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau siswa miskin yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa/Lurah setempat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah melalui proses verifikasi dan visitasi oleh madrasah.

Leave a Comment