Spread the love
Lombok Timur, 02 September 2023,
Pelantikan Kepala MAN Insan Cendekia Lombok Timur dilaksanakan pada hari ini, Sabtu tanggal 02 September 2023 jam 08.30 – 10.30 WITA, berlangsung di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN IC Lombok Timur. Pada acara tersebut, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. Muhammad Zain, M.Ag, berkenan melantik Kepala MAN IC Lombok Timur yang baru yaitu H. Nasruddin Mansyur, M.Pd.I. menggantikan Kepala Madrasah yang lama yaitu H. Aozar Zawad, M.Ed.
Acara diawali dengan pembukaan yang langsung dipandu oleh pembawa acara dari unsur peserta didik MAN IC Lotim yaitu Baiq Nur Wulan Fitri Adinda, siswi kelas XII IPA 1, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Kementerian Agama yang juga dibawah dirijen dari peserta didk yang lain yaitu Nayla Fitri Rohma, Siswi kelas XI IPS 1. Acara dilanjutkan dengan rangkaian prosesi pelantikan yaitu pembacaan SK Menteri Agama RI tentang penetapan dan pengangkatan H. Nasruddin Mansyur, M.Pd.I. sebagai guru dan mendapatkan tugas tambahan sebagai Kepala MAN IC Lotim oleh petugas dari Kanwil Kemenag NTB, kemudian pembacaan naskah pelantikan dan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala MAN IC Lotim yang baru dengan didampingi petugas rohaniawan. Pelantikan ini dilaksanakan oleh Bapak Direktur GTK Madrasah, Bapak Dr. Muhammad Zain, M.Ag. dengan disaksikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. NTB dan Kabid. Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. NTB. Kemudian setelah itu Bapak Direktur GTK memberikan sambutan. Pembacaan doa disampaikan oleh petugas dari Kantor KUA Kecamatan Sakra, Bapak M. Luthfi, SHI.

 

Hadir menyaksikan kegiatan tersebut yaitu bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Zamroni Aziz, SHI, MH. dan Kepala Bagian Tata Usaha serta semua Kepala Bidang dan pejabat Kanwil Kemenag NTB. Hadir pula seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok, termasuk seluruh Kepala Madrasah Negeri Sepulau Lombok. Turut menghadiri dan menyaksikan, segenap Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN IC Lombok Timur. Banyaknya tamu undangan yang hadir sekaligus memberikan ucapan selamat menjadikan kegiatan ini menjadi sangat istimewa bagi MAN IC Lombok Timur, apalagi dilaksanakan sangat mendadak.
Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa acara pelantikan ini akan digelar di Kantor Wilayah Kemenag NTB sehari sebelumnya, akan tetapi tiba-tiba saja acara dipindah ke MAN IC Lombok Timur. Namun demikian, kordinasi yang baik antara pihak Kepegawaian Kanwil Kemenag NTB dengan Kemenag Kabupaten Lombok Timur serta MAN IC Lotim akhirnya menjadikan acara berjalan dengan lancar. Bahkan segenap dewan guru dan para siswa dilibatkan dalam menyambut para tamu undangan dimana siswa siswi MAN IC Lombok Timur sedari pagi sudah berdiri berjejer mulai dengan rapi menyambut para tamu undangan. dari pintu gerbang masuk MAN IC Lotim hingga di dekat pintu utama gedung PPT MAN IC Lotim. Penyambutan semakin meriah dengan lantunan sholawat yang dikumandangkan oleh para siswa yang tergabung dalam grup “Hadrah eL-Habibie MANIC Lotim”.
Dalam sambutannya, Direktur GTK Madrasah menyampaikan ucapan termakasihnya atas dedikasi dan ikhtiar yang telah dberikan oleh Kepala Madrasah yang lama yaitu H. Aozar Zawad. Beliau mengapresiasi program dan prestasi yang selama ini diraih di bawah kepemimpinannya. Kepada Kepala Madrasah yang baru, yaitu H. Nasruddin Mansyur, bapak Direktur menaruh harapan besar dapat melanjutkan prestasi dan keberhasilan yang telah ditorehkan oleh kepala madrasah yang lama. Beliau juga bersyukur dan mengucapkan terimakasih yang mendalam kepada Kepala Kanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Aziz, SHI. MH yang telah mempersiapkan acara pelantikan ini dengan sangat baik sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.
Banyak hal yang disampaikan bapak Direktur sehingga acara ini terkesan menjadi ekspresi kegembiraan beliau. Beliau juga menyampaikan kepada kepala madrasah dan bapak ibu guru yang hadir mengutamakan metode pembelajaran yang baik dengan meninggalkan pola pendekatan fisik dan berpindah menjadi pola belajar yang ramah anak. Kepada segenap sivitas akademika yang hadir, beliau berpesan agar para siswa madrasah diajar dengan pendekatan yang penuh rasa cinta dan rasa sayang agar anak merasakan hadirnya kenyamanan dan keikhlasan dalam belajar tanpa ada rasa beban dan tekanan bathin. Dengan demikian para siswa akan senag di dalam belajar.
Semoga pergantian Kepala Madrasah ini menjadikan MAN Insan Cendekia Lombok Timur semakin berprestasi, Mandiri dan Islami.

Leave a Comment