Spread the love

Ajang Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Provinsi 2021 kembali lagi digelar dan pada pengumuman prestasi , Jumat Malam 24-09-2021 memperlihatkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri (MAN IC) Lombok Timur kembali lagi sebagai juara umum dengan meraih 3 prestasi Mapel. Tiga orang siswa MAN IC Lombok Timur yang berprestasi dari tiga Mapel yang dilombakan pada KSM tingkat provinsi, yaitu 1) Harsyanto Ali, Juara 1 Mapel Ekonomi, 2) Imam Hanif Mulyarahman, Juara 1 Mapel Matematika dan 3) M. Ikhsanul Kamil, Juara 3 Mapel Biologi. Dengan prestasi KSM tingkat Provinsi siswa MAN IC Lombok Timur tahun ini, semua warga MAN IC Lombok Timur mengungkapkan kebahagiaan, kesyukuran serta berseru panjatkan doa agar para pahlawan KSM ini dapat meraih prestasi yang maksimal di tingkat Nasional.
Beberapa Madrasah yang berprestasi sebagai Juara 1 dari enam Mapel yang dikompetisikan pada KSM Provinsi 2021 ini, yaitu: 1) MAN IC Lombok Timur: Juara 1 Mapel Ekonomi dan Juara 1 Mapel Matematika; 2) MAN 2 Mataram Juara 1 Mapel Kimia; 3) MAN 1 Mataram Juara 1 Mapel Geografi; 4) MAN 1 Lombok Timur Juara 1 Mapel Biologi; dan 5) MA Qomarul Huda Bagu Juara 1 Mapel Fisika. Berdasarkan jumlah prolehan prestasi dari masing-masih madrasah di atas, maka MAN IC Lombok Timur sebagai juara umum dalam KSM tingkat provinsi tahun 2021 ini.

Sudah tentu prestasi KSM yang diraih dan membanggakan bagi warga MAN IC Lombok Timur ini, tidak diperoleh dengan cuma-cuma, namun tentu dengan kerja ekstra keras. Masing-masing guru pembina, seperti H. Bahjan, Pak Samnsul dengan timnya, serta Bu Eka Wahyuningsih telah berjuangan dengan ekstra dalam mendampingi anak binaannya pada pagi, sore bahkan malam hari. Demikian juga perjuangan keras dilakukan oleh guru-guru pembina yang anak binaannya belum berhasil meraih prestasi pada KSM provinsi tahun ini. Seperti halnya Sunarno Hariadi Guru pembina Mapel Geografi yang tahun-tahun sebelumnya selalu berhasil dan lolos menuju tingkat nasional. “Dalam pembinaan tahun ini, kami juga mencoba melibatkan alumni yang pernah berprestasi untuk ikut membimbing adik-adiknya, namun begitulah yang terjadi sebagai dinamikanya”, ungkap Nok panggilan akrab Sunarno menerangkan. Untuk pembinaan ke depannya, beliau menjelaskan bahwa sangat penting mengatur strategi pembinaan yang lebih menjanjikan untuk meraih prestasi karena perkembangan prestasi madrasah swasta pun penting dicermati, bila berbicara konteks Kompetisi.

“Semua guru pembina Mapel yang masuk untuk berkompetisi KSM ke tingkat Nasional pada bulan Oktober 2021, sangat diharapkan agar lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas pembinaannya sehingga mencapai prestasi di tingkat Nasional” harap Kepala MAN IC Lombok Timur, H. Aozar Zawad di sela-sela poto bersama dengan siswa Tim Juara Robotik di depan lemari etalase piala (25-09-2021). Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada para guru dan siswa yang terus-menerus menyumbangkan prestasi dari berbagai event lomba yang dapat meningkatkan prestise Madrasah dari pandangan masyarakat luas.

1 Comment

  1. Semakin jaya MAN IC Lombok Timur… SELAMAT SELAMAT SELAMAT….
    Bangga menjadi keluarga besar MAN ICLT, Bangga menjadi WONG MENAG

Leave a Comment